Obat Alami K-Muricata

author photo
Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan

Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan. Tanaman tomat merupakan salah satu tumbuhan berbunga dan termasuk suku solanaceae. Sementara buah tomat sendiri saat mentah enak dimakan dan cocok sebagai campuran dalam makanan seperti salad, sandwich, serta masakan lainnya. Apa saja Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan bagi tubuh kita?

Manfaat tomat mentah untuk kesehatan dari sekitar 150 gram merupakan sumber vitamin A, C, K, folat dan kalium yang baik untuk tumbuh. Tomat juga mempunyai kandungan sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Kandungan lainnya seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor dan tembaga, sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh serta memiliki kandungan air relatif tinggi.

Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan

Banyaknya unsur-unsur kandungan yang diperlukan bagi kesehatan tubuh menjadikan manfaat jus tomat wajib untuk kita konsumsi. Berikut berbagai khasiat dan manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Manfaat buah Tomat untuk Kanker

Kandungan Lycopene yang ada dalam buah tomat berkhasiat mengurangi risiko penyakit kanker, seperti kanker paru, kanker leher rahim, kanker tenggorokan, kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker prostat dan kanker ovarium. Antioksidan seperti vitamin A dan C dalam tomat mampu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan sel.

Sebuah penelitian melaporkan, seseorang yang sering mengonsumsi tomat, akan menurunkan risiko terkena berbagai penyakit kanker. Hal itu karena dipengaruhi sebuah senyawa lycopene yang bertanggung jawab terhadap warna merah pada buah tomat merah, menjadi perlindungan terhadap kanker. Mengonsumsi tomat dicampur minyak zaitun akan membantu penyerapan lycopenene oleh tubuh menjadi lebih baik.

Baca : Kanker Payudara Stadium 4 Bisa Sembuh

2. Manfaat tomat untuk mencegah kerusakan DNA

Buah tomat yang kaya antioksidan penting seperti, vitamin A dan Vitamin C akan menghambat kerusakan DNA dari pengaruh radikal bebas. Kandungan tomat akan membantu menghambat penyakit berkaitan dengan usia seperti aterosklerosis dan diabetes.

3. Manfaat tomat untuk kesehatan jantung

Kandungan nutrisi penting dalam tomat seperti niacin, asam folat dan vitamin B6 akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi menemukan perempuan yang mengonsumsi 7 sampai 10 porsi produk dari buah tomat per minggu mempunyai 29 persen risiko lebih rendah menderita penyakit jantung.

Baca : Gejala dan penyebab pembengkakan jantung

4. Manfaat buah tomat melawan trombosis

Sebuah studi lain juga menyatakan, mengonsumsi 8 ons jus tomat setiap hari mampu mengurangi agregasi platelet secara signifikan. Jadi intinya dengan minum jus tomat yang rendah sodium akan membantu mengatasi masalah trombosit.

5. Manfaat buah tomat untuk inflamasi

Sebuah penelitian meyatakan minum segelas jus tomat setiap hari dapat membantu menurunkan kadar TNF-alpha sebesar 34 persen. Kadar TNF-alpha merupakan penyebab inflamasi.

6. Manfaat tomat bagi kulit

Sering mengonsumsi buat tomat akan membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah, hal ini karena dipengaruhi senyawa lycopene dalam tomat bermanfaat membuat kulit lebih sensitif terhadap kerusakan sinar UV, sinar Uv merupakan penyebab utama garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Baca : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

7. Manfaat tomat bagi tulang

Vitamin K dan kalsium dalam kandungan tomat berkhasiat memperkuat dan memperbaiki tulang. Lycopene juga terbukti dapat meningkatkan massa tulang sehingga, sehingga akan membantu menghambat terjadinya osteoporosis.

Baca : Penyakit tulang dan pencegahannya

8. Manfaat tomat bagi gula darah

Manfaat Tomat lainnya adalah menjaga gula darah Anda menjadi seimbang. Tomat sebagai sumber kromium akan membantu mengatur gula darah Anda.

Baca juga : Penyakit Diabetes dan Pencegahannya

9. Manfaat tomat untuk mata

Vitamin A yang terkandung dalam tomat akan meningkatkan penglihatan dan mencegah rabun senja. Penelitian terbaru mengungkapkan, mengonsumsi tomat akan membantu mengurangi resiko degenerasi makula,

10. Manfaat tomat untuk rambut

Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan lainnya adalah Kandungan Vitamin A dalam buah tomat akan membantu menjadikan rambut lebih kuat dan mengkilap.

11. Manfaat tomat untuk batu ginjal dan batu empedu

Khasiat buah tomat lainnya adalah dapat mencegah batu ginjal dan batu empedu. Beberapa penelitian mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi tomat tanpa biji dapat menurunkan penyebab batu ginjal dan empedu.

Baca juga : Gejala dan penyebab kista ginjal

12. Manfaat tomat untuk mengurangi rasa nyeri

Jika Anda mengalami rasa nyeri, seperti nyeri punggung atau arthritis, mungkin buah tomat dapat membantu mengurangi rasa sakit. Kandungan karotenoid dan bioflavonoid dalam buah tomat mempunyai sifat sebagai antiinflamasi.Menyerang inflamasi adalah cara terbaik melawan rasa sakit yang kronis.

13. Manfaat tomat untuk diet

Jika Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan mungkin manfaat tomat untuk diet dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Buah tomat dapat dijadikan makanan keseharian. Karena tomat mempunyai kandungan banyak air dan serat, tanpa menambahkan banyak kalori atau lemak.

Itulah beberapa manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan, apabila kita mengonsumsinya. Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari buah tomat Anda bisa dapatkan dalam produk Amazon Berries.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Obat Alami